Sunday, June 16, 2024
Close
Open

PT. SAS Indonesia

PT. SAS Indonesia PT. SAS Indonesia merupakan perusahaan outsourcing yang bergerak dibidang penyediaan tenaga kerja pengamanan, bodyguard, office boy, cleaning service, dan lain-lain. Menerima penyaluran tenaga kerja ke seluruh Indonesia. Visit Website
541 Views
30 Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Jasa Perusahaan Outsourcing

30 Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Jasa Perusahaan Outsourcing

Manager

30 Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Jasa Perusahaan Outsourcing Outsourcing adalah suatu bentuk strategi bisnis yang digunakan oleh perusahaan untuk mengalihkan sebagian atau seluruh aktivitas atau pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan itu sendiri kepada perusahaan outsourcing.

Pemilihan untuk menggunakan jasa perusahaan outsourcing memiliki keuntungan dan kerugian yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan.

Berikut adalah 30 perbandingan antara keuntungan dan kerugian menggunakan jasa perusahaan outsourcing.

Keuntungan Menggunakan Jasa Perusahaan Outsourcing

1. Menghemat Biaya

Dalam outsourcing, perusahaan akan membayar biaya kepada perusahaan outsourcing yang lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan jika pekerjaan tersebut dilakukan di dalam perusahaan itu sendiri.

2. Fokus pada Core Business

Dengan outsourcing, perusahaan dapat fokus pada aktivitas inti bisnisnya. Perusahaan tidak perlu memikirkan pekerjaan-pekerjaan yang tidak berhubungan dengan inti bisnisnya.

3. Akses ke Sumber Daya yang Lebih Luas

Outsourcing memberikan akses ke sumber daya yang lebih luas seperti sumber daya manusia yang berkualitas, teknologi terbaru dan infrastruktur yang memadai.

4. Pengetahuan yang Lebih Mendalam

Dalam outsourcing, perusahaan akan bekerja dengan perusahaan outsourcing yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih dalam dalam bidang pekerjaan tertentu.

5. Fleksibilitas

Outsourcing memberikan fleksibilitas kepada perusahaan untuk menyesuaikan pekerjaan yang dilakukan dengan kebutuhan bisnis.

6. Mengurangi Resiko

Dalam outsourcing, perusahaan dapat memindahkan resiko pekerjaan kepada perusahaan outsourcing.

7. Mempercepat Waktu Pengerjaan

Dalam outsourcing, perusahaan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat karena perusahaan outsourcing memiliki sumber daya yang lebih lengkap dan pengalaman yang lebih banyak.

8. Penyediaan Layanan yang Lebih Baik

Perusahaan outsourcing memiliki fokus yang lebih dalam dalam bidang pekerjaan tertentu sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik.

9. Meningkatkan Efisiensi

Outsourcing dapat meningkatkan efisiensi karena pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan outsourcing dilakukan secara profesional dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

10. Memperoleh Keuntungan Kompetitif

Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk memperoleh keuntungan kompetitif karena perusahaan dapat menawarkan produk atau layanan yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah.

11. Menambah Nilai

Menambah nilai waktu kerja perusahaan Anda terutama pada sisi produktivitas harga dan biaya produksi akan mengalami pertambahan nilai keuntungan.

12. Mengurangi Biaya Pelatihan dan Pengembangan

Outsourcing dapat mengurangi biaya pelatihan dan pengembangan karyawan karena perusahaan outsourcing sudah memiliki sumber daya manusia yang terlatih dan berkualitas.

13. Penghematan Waktu dan Energi

Dalam outsourcing, perusahaan tidak perlu memikirkan dan mengelola aspek-aspek non inti bisnis seperti penggajian dan administrasi kepegawaian.

14. Pengurangan Beban Kerja

Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk mengurangi beban kerja yang berlebihan pada karyawan sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan inti bisnis.

15. Penyesuaian dengan Perubahan Bisnis

Dalam outsourcing, perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan bisnis karena perusahaan outsourcing memiliki fleksibilitas dalam menyediakan sumber daya yang dibutuhkan.

16. Pengurangan Biaya Operasional

Outsourcing dapat membantu perusahaan mengurangi biaya operasional seperti biaya sewa gedung, listrik, air, dan lain sebagainya.

17. Akses ke Teknologi Terbaru

Perusahaan outsourcing memiliki akses ke teknologi terbaru sehingga perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing dapat menggunakan teknologi terbaru tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

18. Mengurangi Ketergantungan pada Karyawan

Dalam outsourcing, perusahaan tidak terlalu bergantung pada karyawan tertentu karena perusahaan outsourcing memiliki sumber daya manusia yang beragam dan berkualitas.

19. Mengurangi Risiko Karyawan

Dalam outsourcing, perusahaan dapat memindahkan risiko karyawan seperti risiko PHK dan risiko kesehatan dan keselamatan kerja kepada perusahaan outsourcing.

20. Meningkatkan Kualitas Layanan

Outsourcing dapat membantu perusahaan meningkatkan kualitas layanan karena perusahaan outsourcing memiliki fokus yang lebih dalam dalam bidang pekerjaan tertentu.

21. Menambah Kapasitas Bisnis

Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk menambah kapasitas bisnis karena perusahaan outsourcing memiliki sumber daya yang lebih lengkap.

22. Menyediakan Akses ke Pasar Global

Perusahaan outsourcing memiliki jaringan yang lebih luas sehingga dapat membantu perusahaan untuk menyediakan akses ke pasar global.

23. Menambah Keterampilan Karyawan

Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk menambah keterampilan karyawan karena perusahaan outsourcing biasanya memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan terlatih.

24. Meningkatkan Kinerja Bisnis

Outsourcing dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja bisnis karena perusahaan dapat fokus pada aktivitas inti bisnisnya dan menggunakan sumber daya yang lebih lengkap dan berkualitas dari perusahaan outsourcing.

25. Menyediakan Layanan 24/7

Perusahaan outsourcing dapat menyediakan layanan 24/7 sehingga perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

26. Memperoleh Keunggulan Strategis

Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk memperoleh keunggulan strategis karena perusahaan dapat fokus pada aktivitas inti bisnisnya dan menggunakan sumber daya yang lebih lengkap dan berkualitas dari perusahaan outsourcing.

27. Menambah Kreativitas dan Inovasi

Outsourcing dapat menambah kreativitas dan inovasi karena perusahaan outsourcing biasanya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dalam dalam bidang pekerjaan tertentu.

28. Mengurangi Biaya Investasi

Dalam outsourcing, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk investasi dalam infrastruktur dan teknologi karena perusahaan outsourcing sudah memiliki infrastruktur dan teknologi yang memadai.

29. Mengurangi Komitmen Jangka Panjang

Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk mengurangi komitmen jangka panjang seperti komitmen pada karyawan dan investasi.

30. Memperbaiki Fokus dan Disiplin Bisnis

Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki fokus dan disiplin bisnis karena perusahaan harus mempertimbangkan kontrak yang telah disepakati dengan perusahaan outsourcing.

Kerugian Menggunakan Jasa Perusahaan Outsourcing

1. Kurangnya Kontrol

Dalam outsourcing, perusahaan akan kehilangan sebagian kontrol atas pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan outsourcing.

2. Potensi Masalah Keamanan dan Kerahasiaan

Dalam outsourcing, perusahaan harus mempertimbangkan potensi masalah keamanan dan kerahasiaan karena perusahaan outsourcing dapat memiliki akses ke informasi rahasia perusahaan.

3. Potensi Kehilangan Keterampilan Karyawan

Dalam outsourcing, perusahaan dapat kehilangan keterampilan karyawan karena karyawan tidak melakukan pekerjaan tertentu secara terus-menerus.

4. Risiko Ketergantungan Terhadap Perusahaan Outsourcing

Perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing dapat menjadi sangat bergantung pada perusahaan outsourcing sehingga jika perusahaan outsourcing mengalami masalah, perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing juga akan terkena dampaknya.

5. Biaya yang Tidak Terduga

Dalam outsourcing, perusahaan harus mempertimbangkan biaya yang tidak terduga seperti biaya untuk mengubah kontrak atau biaya untuk mengganti perusahaan outsourcing.

6. Keterbatasan dalam Kontrol Kualitas

Dalam outsourcing, perusahaan mungkin mengalami keterbatasan dalam kontrol kualitas karena pekerjaan dilakukan oleh perusahaan outsourcing.

7. Risiko Penghentian Kontrak

Dalam outsourcing, perusahaan dapat mengalami risiko penghentian kontrak jika perusahaan outsourcing mengalami masalah atau jika perusahaan outsourcing ingin mengubah kontrak.

8. Kesulitan dalam Berkomunikasi

Dalam outsourcing, perusahaan mungkin mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan perusahaan outsourcing karena perusahaan outsourcing mungkin berlokasi di negara lain atau memiliki budaya yang berbeda.

9. Risiko Kualitas Layanan yang Buruk

Perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing dapat mengalami risiko kualitas layanan yang buruk jika perusahaan outsourcing tidak dapat memberikan layanan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

10. Pengaruh terhadap Budaya Perusahaan

Dalam outsourcing, perusahaan dapat mengalami pengaruh terhadap budaya perusahaan karena perusahaan outsourcing mungkin memiliki budaya yang berbeda.

11. Masalah Bahasa

Dalam outsourcing, perusahaan mungkin mengalami masalah bahasa karena perusahaan outsourcing mungkin menggunakan bahasa yang berbeda atau memiliki aksen yang sulit dipahami.

12. Kesulitan dalam Memahami Bisnis

Perusahaan outsourcing mungkin mengalami kesulitan dalam memahami bisnis perusahaan karena perusahaan outsourcing tidak memiliki pengalaman dalam industri yang sama.

13. Pengaruh terhadap Citra Perusahaan

Dalam outsourcing, perusahaan dapat mengalami pengaruh terhadap citra perusahaan jika perusahaan outsourcing tidak dapat memberikan layanan yang baik atau terlibat dalam skandal yang merugikan.

14. Risiko Pemborosan Waktu

Dalam outsourcing, perusahaan dapat mengalami risiko pemborosan waktu jika perusahaan outsourcing tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat atau terlambat dalam memberikan laporan.

15. Keterbatasan dalam Inovasi dan Kreativitas

Dalam outsourcing, perusahaan mungkin mengalami keterbatasan dalam inovasi dan kreativitas karena perusahaan outsourcing mungkin tidak memiliki pengalaman dalam inovasi dan kreativitas.

Dari 30 perbandingan antara keuntungan dan kerugian menggunakan jasa perusahaan outsourcing, perusahaan harus mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing.

Perusahaan harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari outsourcing serta menilai apakah outsourcing sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Associated Posts

Related Post By Tag

35 Hal Yang Biasanya Dianalisis Investor Sebelum Melakukan Investasi

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan uang yang dimiliki. Namun, sebelum melakukan investasi, seorang investor harus melakukan analisis terleb...

48 Tips Strategi dan Cara Agar Perusahaan Bisa Mendapatkan Investor

Memulai sebuah bisnis dan mengembangkannya adalah sesuatu yang membutuhkan sumber daya, baik itu finansial maupun non-finansial. Salah satu hal penting yang dib...

25 Alasan Harus Menggunakan Konsultan Pajak Dibanding Pakai Program Hitung Pajak

25 Alasan Harus Menggunakan Konsultan Pajak Dibanding Pakai Program (Tools/Software) Hitung Pajak Pajak adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam bisnis...

25 Kelebihan Software Pajak Dibandingkan Konsultan Pajak?

Sebagai pemilik bisnis, memastikan pembayaran pajak tepat waktu dan akurat sangat penting. Salah perhitungan dapat mengakibatkan denda dan sanksi dari pihak paj...

25 Tools Nama Software Untuk Menghitung Pajak Perusahaan

Pajak merupakan salah satu hal yang penting dalam keuangan sebuah perusahaan. Namun, perhitungan pajak seringkali memakan waktu dan membingungkan. Oleh karena i...

50 Manfaat Fungsi Software Menghitung Pajak Perusahaan

50 Manfaat Fungsi Software Menghitung Pajak Perusahaan – Pajak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan. Namun, perhitungan pajak bu...

Related Post By Category

Manager

Perusahaan sering mengalami kekurangan jumlah kary...

Baca Artikel
Manager

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengemba...

Baca Artikel
Manager

Hampir setiap perusahaan ingin berkembang dan suks...

Baca Artikel
Manager

Memulai sebuah bisnis dan mengembangkannya adalah ...

Baca Artikel
Manager

Outsourcing atau penggunaan jasa luar merupakan pr...

Baca Artikel
Manager

25 Alasan Harus Menggunakan Konsultan Pajak Diband...

Baca Artikel
Copyright Login